-->

Cara Mudah Memperbaiki Masalah WiFi Rusak di Laptop

RidhoPedia - Masalah WiFi ternyata tidak hanya terjadi pada HP Android saja. Perangkat elektronik yang sudah lebih dahulu menggunakan teknologi WiFi adalah komputer jinjing atau yang biasa kita sebut laptop atau notebook. Nah, masalah WiFi juga sering sekali terjadi pada perangkat laptop. Pasti sebel, kan kalau kamu lagi buru-buru mau bikin tugas kuliah, kerjaan, atau ngirim e-mail, tapi tiba-tiba WiFi kamu nggak bisa nyambung? Nah, Admin akan kasih tahu kamu cara mengatasi masalah WiFi rusak di laptop.


Masalah WiFi pada laptop seringkali terjadi karena driver yang bermasalah. Perangkat WiFi sudah terpasang pada laptop kamu sejak pertama kali kamu membelinya. Namun, driver WiFi alias software untuk menjalankan perangkat ini di laptop menjadi urusan pengguna. Driver yang tidak terinstal dengan baik, serta ada file-file yang terinfeksi atau hilang karena ulah virus bisa menjadi penyebab WiFi kamu bermasalah. Tapi bisa juga perangkat WiFi kamu sudah rusak atau harus diganti. Tapi jangan buru-buru diservis. Cek dulu ada masalah apa dengan WiFi laptop kamu. Ini dia langkah-langkahnya.
Cek WiFi di Laptop

Sama seperti pada HP Android, cek dulu apakah WiFi di laptop kamu sudah menyala atau belum. Memang kedengaran remeh, sih. Tapi konyolnya, banyak orang yang sudah frustrasi karena WiFi-nya nggak mau nyambung, bahkan sampai ngomel-ngomel segala. Padahal, masalahnya hanya satu. WiFi di laptopnya belum dinyalain!



Cek Modem WiFi dan Password

wifi rusak laptop

Sebenarnya hal ini Jaka sudah bahas sebelumnya. Kamu harus mengecek modem atau router yang kamu gunakan sudah menyala atau belum. Kemudian cek password-nya benar atau tidak. Lalu cek sudah berapa perangkat yang terkoneksi, dan coba menggunakan perangkat lain.

Tombol WiFi Rusak

Untuk menyalakan WiFi di laptop, biasanya kita menggunakan kombinasi tombol Fn+F2, atau tombol lain tergantung merk dan tipe laptop. Selain menggunakan kombinasi tombol, ada pula laptop yang disertai tombol khusus untuk menyalakan dan mematikan WiFi. Tombol ini bisa saja mengalami kerusakan sehingga ketika kamu pencet berkali-kali, WiFI tak kunjung menyala. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menyalakan adapter WiFi kamu secara manual menggunakan Control Panel. Berikut langkahnya:


Buka Control Panel di laptop kamu. Kamu pasti tahu, kan ya Control Panel adanya di mana?


Pilih pengaturan "Network and Sharing Center".


Di kolom sebelah kiri, pilih "Change adapter settings".


Pilih adapter WiFi kamu, lalu klik "Enable this network device".




Sekarang harusnya WiFi di laptop kamu sudah bisa kembali menyala dengan normal.
Driver Bermasalah

Sering pula terdapat kasus ketika Driver WiFi pada laptop kamu bermasalah. Sehingga perangkat WiFi tidak dapat dijalankan dengan baik.
Untuk menangani masalah ini, kamu tinggal install ulang Driver WiFi-nya. Driver WiFi ini biasanya terdapat pada CD yang disertakan dalam pembelian. Atau kalau CD-nya sudah hilang entah kemana, kamu bisa download Driver-nya di website resmi perangkat WiFi kamu. Namun sebelumnya, kamu harus tahu dulu merk dan tipe perangkat WiFi kamu. Untuk mengeceknya kamu bisa gunakan Speccy. 
Mungkin segitu dulu postingan tentang Cara Mudah Memperbaiki Masalah WiFi Rusak di Laptop . Terimakasih sudah mengunjungi RidhoPedia ^^

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Masalah WiFi Rusak di Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel