-->

Cara Mengatasi Laptop yang Non Responding

RidhoPedia – Penggunaan laptop dewasa ini semakin umum di kalangan masyarakat. Bukan hanya kalangan karyawan tapi juga sudah menjadi kebutuhan bagi kaum pelajar dan mahasiswa. Sifat penggunaannya yang praktis dan fleksibel membuat perangkat ini cukup digemari karena bisa dibawa kemana-mana dan bisa dipakai dimana saja. Hanya saja yang namanya perangkat komputer pasti akan ada masalah yang muncul. Misalnya saja laptop sering hang atau not responding tanpa ada alasan yang jelas. Nah mari kita ketahui penyebabnya dan cara mengatasi dan memperbaiki laptop hang atau not responding ini dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu menjadi ahli komputer untuk memperbaikinya. Silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Dan memperbaiki Laptop Hang Not Responding Dengan Mudah Dan Praktis

Mengenal Permasalahan Dari Penggunaan Laptop
Solusi dari mengatasi laptop hang itu bisa diibaratkan dengan bersih-bersih atau merapikan ulang aplikasi yang ada di laptop. Mulai dari aplikasi windows, software, game bahkan driver serta tool-tool yang tidak diperlukan. Selain itu, melakukan cek up pada hardware juga amat penting dilakukan. Nah, saya sendiri pernah mengalami laptop hang di windows 7 terutama pada saat internetan. Padahal secara keperluan saya hanya menginstal beberapa software yang saya butuhkan, karena pekerjaan hanya berkutat pada microsoft office, design dan browsing. Setelah diselidiki dengan seksama ternyata masalah ada pada addons yang saya instal pada browser. Terlalu banyak addon sehingga membuat laptop menjadi hang saat internetan.

Kali ini saya akan share beberapa tips dan trik cara mengatasi laptop hang yang berasal dari pengalaman sendiri dan beberapa sumber online. cara yang akan saya sampikan ini mudah dan bisa langsung dicoba.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Memori RAM Kecil
Memori RAM laptop berkapasitas kecil memiliki potensi untuk hang atau crash. Biasanya pengguna laptop awam tidak melihat spesifikasi laptop yang dimilikinya. Ketika bergaul dengan teman sebaya, melihat berbagai aplikasi menarik, dia ingin memilikinya juga, sehingga banyak aplikasi yang terinstal. Akibatnya laptop tidak kuat menjalankan multitasking sehingga hang.

Cara mengatasinya mudah, pertama coba cek dulu spesifikasi laptop, terutama kapasitas RAM, jika kapasitas RAM 1GB, maka coba upgrade minimal 2 GB atau pilih aplikasi yang penting saja sesuai kebutuhan. Jika menginginkan aplikasi edit foto dsb, coba cari yang portable saja.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Startup Program Berjalan
Starup program dan service yang berjalan disaat menyalakan laptop pertama kali ini juga bisa membuat laptop hang. Kenapa? karena banyaknya program yang terinstal dan kemudian melakukan starup diawal windows tampil. Biasanya program-program seperti antivirus (smadav, avast, dll), program update (adobe, IDM dll), dan tool-tool yang disetting muncul pada saat startup.

Cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni menggunakan system configuration yang ada pada semua windows, baik itu XP, 7, 8, atau 10. Langkah-langkahnya mudah :

1. Tekan Tombol Windows+R - Kemudian Ketik msconfig - Pilih service - Uncheck pada aplikasi yang tidak diperlukan.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Startup Program Berjalan

2. Pilih starup - Uncheck juga pada aplikasi yang tidak diperlukan - Kemudian Klik OK


Cara Mengatasi Laptop Hang Karena File Temporary Terlalu Banyak

File temporary yang terlalu banyak ini juga bisa menyebabkan laptop hang atau crash secara mendadak. Hal ini dipicu karena sebelumnya kita melakukan berbagai aktifitas multitasking dan historynya tersimpan pada file temporary. Baik itu dalam hal instal dan uninstal, menghapus dan memindahkan, dan berbagai hal lainnnya.
Cara mengatasinya juga mudah, cukup menggunakan program disk cleanup yang sudah ada di windows untuk menghapus file temporary. Langkah-langkahnya :

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena File Temporary Terlalu Banyak

Tekan Tombol Windows+R - Ketik cleanmgr - pilih drive - tunggu sampai proses cleanup selesai.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Program Security (Antivirus dan Firewall)
Program security pada laptop baik itu antivirus atau firewall memang penting untuk mengantisipasi virus dan serangan-serangan DDOS. Dalam hal ini, terkadang pengguna sering menginstal lebih dari 2 atau 3 antivirus sekaligus pada laptop. Hal ini menimbulkan masalah serius pada kinerja laptop sehingga berakibat pada laptop sering hang atau crash sendirinya.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Program Security (Antivirus dan Firewall)

Cara mengantisipasi hal seperti ini, dari pengalaman saya dan disarankan oleh beberapa orang. Untuk antivirus anda bisa menginstal smadav dan avast dalam 1 laptop. Untuk download smadav bisa kunjungi websitenya di http://www.smadav.net/ dan untuk avast kunjungi https://www.avast.com/id-id/index. Saya sendiri menggunakan versi free untuk keduanya, kemudian saya kombinasi dengan program ccleaner.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Hardisk Aus
Hardisk lama kelamaan terpakai dan mulai terfragmentasi karena seringnya penggunaan laptop. Dalam hal ini, hardisk akan aus dan bahkan bisa rusak, gejalanya mulai dari laptop restart sendiri, mati sendiri bahkan hang.
Cara menjaga agar tidak sampai aus meskipun nantinya juga aus, paling tidak bisa memberikan waktu lebih lama. Caranya yakni melakukan defragment 2 minggu atau 1 bulan sekali. Langkah-langkah melakukan defragment hardisk sebagai berikut :

Klik start menu - Pilih Accesories System tool Disk Fragmenter - Ikuti langkah selanjutnya

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Hardisk Aus

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Overheat (Hardware Panas)
Laptop cepat panas atau overheat (baca: cara mengatasi laptop cepat panas) ini dapat mengakibatkan laptop hang atau not responding. Biasanya hal ini terjadi pada perangkat prosesor, hardisk, atau CPU. Laptop yang mengalami overheat biasanya akan langsung restart sendiri atau lambat dan akhirnya hang.

Cara mengatasi masalah ini biasanya melakukan pembersihan debu yang melekat pada laptop, mulai dari sirkulasi udara sampai fan yang berada di dalam laptop. Selain itu, jika dirasa masih kurang untuk mendinginkan laptop, gunakan cool fan USB port yang biasanya dijual di toko-toko komputer. Untuk pengguna laptop asus mungkin bisa lega, karena terdapat teknologi ice cool sehingga menjaga laptop tetap dingin dan dipastikan jarang mengalami overheat.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan
Saat internetan laptop hang? mungkin ingin membanting laptop rasanya. Hal ini bisa terjadi lantaran disebabkan mulai dari trafik jaringan internet tinggi, atau adanya virus (biasanya trojan) yang ingin mengelabuhi laptop melalui download dan lain-lain.
Cara mengatasinya anda bisa mencopot kabel koneksi RJ45 pada portnya, lalu restart router wifi atau matikan wifi. Kemudian tancapkan lagi kabel RJ45 dan nyalakan wifi lagi. Selain itu, uninstal addons yang mencurigakan dari extension, kemudian gunakan browser terupdate atau terbaru. Untuk masalah download hati-hati jika download melalui sumber yang tidak terpercaya. Kemungkinan virus menyusupi pada saat anda download itu ada.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Main Game
Saat main game laptop hang? ini kemungkinan besar terjadi karena beberapa hal, mulai dari overheat, RAM tidak mencukupi. konflik pada hardware, dan tegangan listrik menurun. Untuk masalah tegangan listrik menurun biasanya terjadi akibat listrik mati mendadak atau ada penurunan daya. Laptop yang dipakai game, biasanya pengguna langsung menggunakan adaptor untuk menyalakan laptop tanpa memasang baterai, hal ini untuk menghindari baterai rusak atau kembung. Namun, hal ini juga bisa membuat laptop hang bahkan rusak jika tiba-tiba tegangan turun atau listrik mati.

Cara mengatasinya, jika laptop mulai overheat, maka pasang fan usb tambahan atau kondisikan bermain game di tempat yang sejuk. Cek hardwarenya yang menyebabkan konflik, mungkin tidak compatible. Pasang stabilizer untuk mengantisipasi penurunan daya listrik, selain itu lakukan pembersihan laptop secara rutin.







Cara mengatasi laptop hang di atas bisa anda gunakan pada windows xp, windows 7, windows 8 bahkan windows 10. Sebenernya banyak permasalahan hang sebuah laptop, mungkin pada saat baru dinyalakan laptop langsung hang, saat booting, saat internetan, saat restart windows, saat main game, atau bahkan pada saat shutdown sehingga menunggu laptop mati saja menjadi lama.

Demikianlah tutorial dan ulasan mengenai cara mengatasi dan memperbaiki laptop hang non responding dari beberapa sumber penyebabnya. Bila dilakukan dengan tepat maka komputer akan kembali normal dan masalah bisa diatasi dengan mudah dan praktis sesuai panduan diatas. Semoga tutorial ini bermnfaat bagi sahabat pembaca. Silahkan share jika dirasa bermanfaat bagi pembaca lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop yang Non Responding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel