-->

Cara Memberi Keterangan Notasi Objek di AutoCAD

Masih banyak pengguna pemula yang memberikan notasi atau keterangan objek pada gambar yang dibuat menggunakan cara manual yaitu berupa line dan text. Ok mungkin itu bisa dilakukan akan tetapi hal itu tidaklah efisien.
Memberi notasi atau keterangan untuk objek-objek di AutoCAD dapat dibuat dengan MultiLeader. Multileader terdiri dari panah, garis dan teks sehingga anda bisa langsung memasukan keterangan notasi dengan cepat tanpa membuat satu-satu objek tersebut.
Sebagai contoh perhatikan gambar detail tulangan tumpuan dibawah ini. Kita akan membuat notasi atau keterangan gambarnya menggunakan multileader

Cara Membuat

Untuk membuat notasi atau keterangan gambar objek kerja di AutoCAD menggunakan Multileader, ikuti saja panduannya sebagai berikut:
1. Jalankan perintah MLEADER Kemudian Enter
2. Klik pada objek yang akan diberi notasi atau keterangan apapun sesuai yang anda inginkan sebagai titik awal penarikan (panah)

3. Klik lagi di titik akhir untuk memberikan notasi berupa teks lalu ketikan keterangan dari notasi objek tersebut
Sekarang anda sudah selesai memberikan notasi atau keterangan untuk objek tersebut. Jika dirasa masih ada yang belum sesuai, maka editnya dapat dilakukan dengan mudah karena hanya satu perintah sehingga tidak perlu edit satu per satu.

Untuk mengedit keterangan atau notasinya, maka anda tinggal block multileader tersebut kemudian jalankan command Properties maka anda akan dapat merubah atau edit langsung multileader tersebut dengan cepat seperti besaran panahnya, jarak kemudian tulisannya langsung melalui kotak dialog propertinya tersebut.

Dengan menggunakan multileader, notasi atau keterangan yang anda buat pada gambar kerja anda menjadi lebih rapi dan terorganisir dengan baik sehingga apa bila anda ingin merubah atau mengeditnya dapat dilakukan dengan cepat tanpa melakukan edit satu-satu item yang membentuknya.

Terimakasih sudah mengunjungi Ridhopedia dan membaca postingan tentang Cara Memberi Keterangan Notasi Objek di AutoCAD
See you ^^



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memberi Keterangan Notasi Objek di AutoCAD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel